Selasa, 04 Oktober 2011

Konsep Grafik, Bitmap, Vektor dan Oktet


-          GRAFIK
pertama kali saya akan menjelaskan dari apa itu grafik sebelum menyentuh sisi jenis permodelan grafik itu sendiri,konsep permodelan grafik adalah sebuah susunan gambar yang terlihat nyata atau real yang di susun berdasarkan sebuah kordinat yang mengambil pematokan kordinat dari layar yang sehingga gambar yang muncul memiliki sumbu kordinat seperti matematika x, y dari sisi ukuran layar tersebut serta berteknologi visual yang sangat tinggi hingga serupa dengan kecocokan nyata antara aslinya dan gambar itu sendiri.
Setelah kita bermain di intinya kini kita akan lanjutkan menuju ke jenis dari konsep permodelan grafik itu sendiri beserta fungsinya di setiap jenisnya,  konsep permodelan grafik memiliki tiga jenis yaitu bitmap,vektor dan oktet. (Untuk oktet saya minta maaf terlebih dahulu jika pembahasannya kurang lengkap namun saya usahakan perbaharuin infomasi tentang oktet ini.)
-          BITMAP
adalah sebuah tumpukan gambar yang di satukan menjadi satu oleh tekhnologi yang jika kita zoom maka kotak tersebut akan terbuka dan terlihat jelas dalam satuan pixel, bitmap pun memiliki kerapatan yang kita sering sebut dengan resolusi oleh karena itu semakin rapat kotak atau besar resolusi tersebut maka semakin tajam juga gambar yang di hasilkan dengan satuan gambar bitmap ini dpi(dot per inch) dengan format file bitmap yang sering di gunakan adalah JPEG, BMP, PCX ,TIFF, GIF. Bitmap ini di kembangkan oleh microsoft dan dapat kita sebut sebagai raster karena bentuk bitmap yang terdiri dari tumpukan kotak kecil berukuran pixel.
Grafis dalam bentuk bitmap ini sering di pergunakan dan di manfaatkan menjadi sebuah keahlian dalam pembuatan foto digital seperti fotografi dengan banyaknya warna tergantung dari format file itu sendiri.  dan salah satu contoh software yang cukup populer danmenggunakan gambar jenis bitmap adalah adobe photoshop.
-          VEKTOR
adalah jenis konsep grafik yang terbentuk dari perhitungan matematis yang di gabungkan ke dalam teknologi grafik saat ini yang di tuangkan ke sebuah gambar digital.  gambar vektor ini tidak akan pecah jika di zoom karena mengikuti sistem ruang lingkup matematis misalkan kita melihat sebuah kotak dari atas secara nyata maka jika kita mendekat ke kotak itu bentuknya tidak akan berubah begitulah sistem pada gambar vektor ini. memang di bandingkan dengan bitmap dari ukuran vektor lebih kecil, namun ketajaman  gambar saat di zoom lebih baik dari bitmap. oleh karena itu vektor sering di gunakan untuk pembuatan sebuah logo karena ketajaman gambar sesuai dengan keinginan user yang membutuhkan logo tersebut.  Vektor  menghasilkan gambarnya tidak dengan menggunakan pixel, tetapi dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis yang disebut vektor dengan format yg populer JPG, GIF, PNG, dll. salah satu contoh software yang cukup populer dan sering di gunakan untuk bentuk gambar vektor adalah corel draw. contoh gambar grafik vector
-          OKTET
adalah konsep permodelan grafik terakhir yang cukup sempurna karena menggabungkan sistem permodelan bitmap dengan vektor yang di satukan dengan teknologi grafik yg berkembang saat ini. hanya ini yang saya bisa saya ceritakan tentang oktet karena keterbatasan ilmu, saya haturkan maaf  jika saya mendapatkan ilmu baru tentang oktet saya akan update kembali pembahasan tantang oktet ini.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bitmap
http://www.ahlidesain.com/perbedaan-vektor-dan-bitmap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar