Senin, 23 Mei 2011

Sejarah WEB

Apa sih web itu??? Mungkin bila kita searcing di internet maka kita akan mendapatkan pengertian bahwa web atau website merupakan kumpulan dari halaman-halaman situs yang  terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet. jadi untuk mengetahui web tersebut, kita harus berkenalan dulu dengan internet, jangan-jangan belum tau lagi internet itu apa, tapi saya percaya ko yang baca tulisan ini pasti sudah mengenal apa itu web dan internet. Bila di analogikan dengan makanan, internet sebagai piring, website sebagai sendok, dan halaman situs sebagai makanannya.

Sebenarnya sumber daya yang ada di Internet itu jumlahnya sangat banyak, seperti Chating, E-mail, Milis, dan sebagainya. Namun salah satu sumber daya internet yang perkembangannya sangat pesat adalah www (world wide web) atau sering disebut dengan istilah web saja. Web didistribusikan dengan menggunakan pendekatan hypertext. Dimana hanya dengan menggunakan suatu teks yang tidak terlalu banyak/singkat bisa dijadikan acuan untuk membuka dokumen yang lain.

melalui pendekatan hypertext ini seorang user dapat memperoleh informasi yang diinginkan dengan cepat. Caranya bisa berpindah dari suatu dokumen ke dokumen yang lain. Dokumen-dokumen yang diperlukan informasinya tersebut dapat terletak dilokasi manapun, asalkan terletak pada jaringan internet.

Awal perkembangan

Menurut sumber yang saya baca, Penemu website adalah Sir Timothy John  Berners-Lee. Web dimulai pada bulan maret 1989 saat tim berner-lee yang bekerja di laboratorium fisika partikel eropa atau yang dikenal dengan nama CERN (consei european pour la recherce nuclaire) yang terletak di genewa swiss, mengajukan protokol (bahasa atau prosedur yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan lainnya) sistem distribusi informasi internet yang digunakan untuk berbagai informasi di antara para fisikawan.

Protokol inilah yang selanjutnya dikenal sebagai protokol world wide web dan dikembangkan oleh world wide web consortium (w3c). w3c adalah konsorsium dari sejumlah organisasi yang berkepentingan dalam pengembangan berbagai standar yang berkaitan dengan web.

Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa PC, laptop, PDA, smartphone ataupun telepon selular.

Jaringan web telah membentang ke seluruh penjuru dunia. Tidak hanya terbatas pada situs-situs pribadi maupun kelompok saja yang ingin mempublikasikan karya-karyanya, web juga banyak digunakan oleh perusahaan baik skala kecil maupun besar yang ingin mempromosikan produk atau untuk melakukan transaksi bisnisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar