Selasa, 04 Oktober 2011

Konverensi Vektor ke Bitmap


Untuk kali ini saya akan membahas tentang konversi vector ke bitmap atau sebaliknya. Pembahasan sebelumnya kita udah tahu akan bitmap atau pun vector. Untuk mengingatnya kembali saya akan menyinggung sedikit soal bimap dan vector untuk lebih memahami topic yang akan kita bahas selanjutnya, karena saling berkaitan.
Gambar-gambar berformat vector ideal untuk logo dan ilustrasi karena memiliki resolusi yang bebas dan dapat di-skala ke dalam ukuran yang tak terbatas, dapat dicetak dan ditampilkan dalam resolusi berapa saja tanpa kehilangan detail setiap bagian dan tidak kehilangan kualitasnya. Dengan kata lain, anda dapat membuat gambar garis yang sangat tegas, jelas dan tajam dengan menggunaksan format vector.
Bitmap sesuai untuk dunia fotografi dan lukisan digital karena bitmap menghasilkan gradasi warna dengan sangat baik. Format Bitmap memiliki resolusi yang tidak bebas/ terbatas, bitmap me-representasi pixel dalam jumlah yang terbatas. Gambar berformat bitmap hanya tampil sempurna dalam ukuran aktualnya saja. Ketika di-skala, gambar bitmap akan terlihat kasar bergerigi dan kehilangan kualitas, pun ketika ter-display di monitor, dicetak dalam resolusi yang lebih tinggi melebihi resolusi aslinya.
Ada pun cara-cara mengkonversi bitmap ke vector. Saya dapatkan dari teman saya yang sudah mencoba lebih dahulu dan berhasil. Untuk itu yang kita perlukan adalah corel draw x3. Berikut langkah-langkahnya :
1. Pilih gambar/image bitmaps (photo, Hasil scan, dan lain sebagainya)
2. Pilih Bitmaps pada menubar, lalu pilih Trace Bitmap
3. Lalu akan muncul disampingnya beberapa pilihan type (line art, logo,dan teman-temannya), pilih salah satu, dan akan tampak window baru.
4. Dalam tampilan tampak gambar asli (Bitmap) dan gambar trace berupa gambar vector.
5. Pada tampilan menu Options:
- Type of image
, pilih salah satu (misal pilih logo atau yang lain coba-coba saja dan lihat perubahan pada tampilan vektornya)
- Atur smoothing dan detail sesuai keinginan, lihat perubahan pada tampilannya.
- Color mode
akan menentukan mode warna pada gambar vector hasil trace.
- Pada menu options, kotak delete original image, jika diaktifkan maka nanti gambar bitmap akan terhapus, diganti gambar vector pada halaman corel draw- nya.
6. Setelah di otak-atik pengaturannya, terus klik OK.
7. Maka pada halaman Corel Draw, gambar Bitmap akan tertumpuk dengan gambar Vektor nya, geser gambar vektornya, dan bisa dirubah warna, di ungroup, dll…..
Semoga bermanfaat
Referensi :

Kasus Penggunaan Bitmap ke Vektor

Halo brother, kali ini saya akan membagi sedikit ilmu dan mengerjakan tugas kuliah mengenai contoh kasus penggunaan bitmap dan vektor.  Setelah sebelumnya saya membahas tentang konsep dari jenis grafik itu sendiri dan kaitannya atau hubungan dari jenis grafik tersebut kini kita buat sebuah kasus di dunia nyata agar kita tahu kapan kita harus gunakan bitmap dan vektor.
 
Pada seorang photographer, seorang photographer ingin memberi efek pada hasil jepretan fotonya agar tampak lebih indah dan menarik otomatis menggunakan software yang berbasis Bitmap. Kenapa demikian?? Dikarenakan suatu foto atau gambar bisa direpresentasikan dengan format bitmap dalam ribuan titik warna-warni yang membentuk suatu pola. Dengan adanya software tersebut seorang photographer melakukan olah ulang atau retouching pada foto atau gambar sehingga gambar yang dihasilkan bisa seperti yang dikehendaki dengan efek visual yang menarik dan tidak monoton.

Konsep Grafik, Bitmap, Vektor dan Oktet


-          GRAFIK
pertama kali saya akan menjelaskan dari apa itu grafik sebelum menyentuh sisi jenis permodelan grafik itu sendiri,konsep permodelan grafik adalah sebuah susunan gambar yang terlihat nyata atau real yang di susun berdasarkan sebuah kordinat yang mengambil pematokan kordinat dari layar yang sehingga gambar yang muncul memiliki sumbu kordinat seperti matematika x, y dari sisi ukuran layar tersebut serta berteknologi visual yang sangat tinggi hingga serupa dengan kecocokan nyata antara aslinya dan gambar itu sendiri.
Setelah kita bermain di intinya kini kita akan lanjutkan menuju ke jenis dari konsep permodelan grafik itu sendiri beserta fungsinya di setiap jenisnya,  konsep permodelan grafik memiliki tiga jenis yaitu bitmap,vektor dan oktet. (Untuk oktet saya minta maaf terlebih dahulu jika pembahasannya kurang lengkap namun saya usahakan perbaharuin infomasi tentang oktet ini.)
-          BITMAP
adalah sebuah tumpukan gambar yang di satukan menjadi satu oleh tekhnologi yang jika kita zoom maka kotak tersebut akan terbuka dan terlihat jelas dalam satuan pixel, bitmap pun memiliki kerapatan yang kita sering sebut dengan resolusi oleh karena itu semakin rapat kotak atau besar resolusi tersebut maka semakin tajam juga gambar yang di hasilkan dengan satuan gambar bitmap ini dpi(dot per inch) dengan format file bitmap yang sering di gunakan adalah JPEG, BMP, PCX ,TIFF, GIF. Bitmap ini di kembangkan oleh microsoft dan dapat kita sebut sebagai raster karena bentuk bitmap yang terdiri dari tumpukan kotak kecil berukuran pixel.
Grafis dalam bentuk bitmap ini sering di pergunakan dan di manfaatkan menjadi sebuah keahlian dalam pembuatan foto digital seperti fotografi dengan banyaknya warna tergantung dari format file itu sendiri.  dan salah satu contoh software yang cukup populer danmenggunakan gambar jenis bitmap adalah adobe photoshop.
-          VEKTOR
adalah jenis konsep grafik yang terbentuk dari perhitungan matematis yang di gabungkan ke dalam teknologi grafik saat ini yang di tuangkan ke sebuah gambar digital.  gambar vektor ini tidak akan pecah jika di zoom karena mengikuti sistem ruang lingkup matematis misalkan kita melihat sebuah kotak dari atas secara nyata maka jika kita mendekat ke kotak itu bentuknya tidak akan berubah begitulah sistem pada gambar vektor ini. memang di bandingkan dengan bitmap dari ukuran vektor lebih kecil, namun ketajaman  gambar saat di zoom lebih baik dari bitmap. oleh karena itu vektor sering di gunakan untuk pembuatan sebuah logo karena ketajaman gambar sesuai dengan keinginan user yang membutuhkan logo tersebut.  Vektor  menghasilkan gambarnya tidak dengan menggunakan pixel, tetapi dengan kurva dan garis yang didefinisikan dalam persamaan matematis yang disebut vektor dengan format yg populer JPG, GIF, PNG, dll. salah satu contoh software yang cukup populer dan sering di gunakan untuk bentuk gambar vektor adalah corel draw. contoh gambar grafik vector
-          OKTET
adalah konsep permodelan grafik terakhir yang cukup sempurna karena menggabungkan sistem permodelan bitmap dengan vektor yang di satukan dengan teknologi grafik yg berkembang saat ini. hanya ini yang saya bisa saya ceritakan tentang oktet karena keterbatasan ilmu, saya haturkan maaf  jika saya mendapatkan ilmu baru tentang oktet saya akan update kembali pembahasan tantang oktet ini.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Bitmap
http://www.ahlidesain.com/perbedaan-vektor-dan-bitmap.html