Minggu, 17 April 2011

PERENCANAAN WEB


 Perencanaan dalam desain Web, seperti dalam proses desain lainnya, adalah sangat penting. Tidak hanya perencanaan yang cermat memotong waktu pengembangan cukup, tapi itu membuatnya menjadi jauh lebih mudah untuk mencapai seragam tampilan dan nuansa situs Anda - membuatnya menjadi ramah dan lebih mudah digunakan. Bagian ini secara singkat meliputi beberapa dasar-dasar desain website: apa yang harus fokus pada, apa yang pilihan untuk dipertimbangkan, dan apa untuk menghindari perangkap. Jika anda adalah situs Web yang didirikan pengembang yang meliput tanah ini sebelumnya, merasa bebas untuk melewati bagian ini.
Pertimbangan utama bahkan sebelum Anda memilih struktur menyeluruh untuk situs Anda (seperti dibahas dalam bagian berikut), Anda harus mengatasi semua isu-isu penting pesan, penonton, dan anggaran.
Menentukan What You Wanna Say Jika saya harus memilih salah satu perhatian utama yang desain website, akan menjawab pertanyaan berikut: Apa yang Anda coba katakan? Semakin jelas Anda tentang pesan Anda, semakin terfokus situs Web Anda akan menjadi. Untuk tujuan ini, saya menemukan itu berguna untuk mencoba untuk menyatakan tujuan dari situs web dalam satu kalimat. "Membuat website yang paling keren di planet ini" tidak masuk hitungan.
Walaupun dapat dianggap sebagai tujuan, itu terlalu terbuka untuk menjadi berguna. Berikut adalah beberapa contoh website yang dinyatakan secara jelas konsep-konsep: Untuk memberikan yang terbaik kecil pusat sumber daya bisnis berfokus pada perangkat lunak Adobe untuk kronik pertama di dunia pelayaran di seluruh dunia dengan balon udara panas
Untuk mengiklankan pelajaran musik yang ditawarkan oleh sebuah kolektif guru keyboard di New York City target audiens anda tepat di balik konsep situs. Sebagian orang akan mengatakan leher dan leher dengan itu adalah situs penonton. Siapa kau mencoba mencapai?Cukup sering, sebuah situs gaya sangat dipengaruhi oleh visi yang jelas dari situs dimaksudkan penonton. Ambil misalnya, Adobe Edge newsletter bulanan (www.adobe.com/newsletters/edge/).
The Edge adalah contoh yang sangat baik situs yang benar-benar bernada ke arah target dalam hal ini, penonton yang dimaksud terdiri dari Dreamweaver profesional web developer dan desainer.
Oleh karena itu, situs ini keren tapi informatif, dan itu diisi dengan contoh - contoh menarik mutakhir teknik pemrograman. Sebaliknya, situs yang ditujukan untuk pasar massal e-commerce harus bekerja dengan kelompok yang sangat berbeda dalam pikiran pembeli. Semua orang di suatu waktu atau lain termasuk dalam kategori ini, jadi saya benar-benar berbicara tentang keadaan pikiran, bukan sebuah profesi.
Banyak situs belanja menggunakan desain halaman yang sangat sederhana yang mudah dikendalikan, nyaman dalam pengulangan di mana pengunjung dapat dengan cepat menemukan apa yang mereka cari dan dengan sesedikit mungkin hambatan, membelinya.
Menentukan anda Resources,sayangnya situs web tidak diciptakan dalam ruang hampa.Hampir semua pekerjaan pengembangan web PHP yang terjadi di dunia nyata kendala semacam. Seorang desainer Web profesional yang terbiasa bekerja dalam anggaran. Sebenarnya, istilah anggaran dapat mengajukan permohonan untuk beberapa konsep.
Pertama, Anda memiliki anggaran moneter - berapa banyak klien bersedia menghabiskan? Ini diterjemahkan menjadi sebuah kombinasi waktu pembangunan (untuk perancang dan programer), bahan (kustom grafis, stok foto, dan sejenisnya), dan pemeliharaan. Anda dapat membangun situs yang besar dengan banyak halaman yang menarik secara dinamis dari database internal dan membutuhkan sangat sedikit tangan-on pemeliharaan. Atau, Anda dapat membuat kecil, grafik-situs intensif yang harus diperbarui dengan tangan mingguan. Sangat mungkin bahwa kedua situs akhirnya biaya yang sama.
Kedua, anggaran juga berlaku pada jumlah waktu yang Anda mampu keluarkan untuk proyek tertentu. Web designer profesional cepat menyadari bahwa waktu adalah komoditas penting. Sumber daya yang dibutuhkan ketika melakukan sebuah karya untuk Anda sendiri ketika Anda tidak memiliki tenggat waktu yang sangat berbeda dari yang dibutuhkan bila Anda menandatangani kontrak pada 30 Juni untuk pekerjaan yang harus siap diluncurkan pada 4 Juli.
Ketiga dunia nyata anggaran item untuk dipertimbangkan adalah bandwidth. Web, dengan koneksi internet lebih cepat dan peningkatan infrastruktur, perlahan-lahan menanggalkan citra sebagai World Wide Tunggu. Namun, banyak pengguna masih terjebak dengan modem yang lambat, yang berarti bahwa webmaster harus menjaga mata tetap pada halaman berat badan-berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk men-download di bawah harga modem paling khas. Tentu saja, Anda selalu dapat memutuskan untuk memasukkan bahwa video animasi karya yang memakan waktu 8 menit untuk download pada kabel modem - Anda tidak bisa mengharapkan semua orang menunggu untuk melihatnya.
Sebagai kesimpulan, ketika Anda sedang mencoba untuk menentukan halaman web, filter melalui tiga ide ini: pesan, penonton, dan berbagai wajah anggaran. Waktu yang dihabiskan memvisualisasikan halaman Web Anda dalam waktu istilah ini jelas digunakan dengan baik desain pilihan. Banyak profesional Web meminjam teknik yang digunakan secara ekstensif dalam mengembangkan pemasaran massa lainnya-bentuk: storyboard. Storyboard untuk Web diagram pertama memerlukan berbagai halaman di situs Anda - sangat mirip storyboard yang lebih tradisional dalam video atau film - dan kemudian rincian sambungan untuk halaman yang terpisah untuk membentuk keseluruhan situs. Bagaimana Anda menghubungkan halaman yang berbeda menentukan cara pengunjung menavigasi situs web selesai.
Bagian berikut menjelaskan dasar model navigasi. Web desainer harus akrab dengan mereka semua, karena masing - masing melayani tujuan yang berbeda dan mereka dapat dicampur dan dicocokkan sesuai kebutuhan.
Pendekatan yang Linear Sebelum ke World Wide Web, sebagian besar format media yang linear yaitu, satu gambar atau halaman diikuti lain dalam urutan yang tidak dapat diubah. Sebaliknya, Web dan kepribadian interaktif memungkinkan pengguna untuk melompat dari topik ke topik. Namun demikian, Anda masih dapat menggunakan pendekatan linear sebuah situs web dan memiliki satu halaman muncul setelah lain, seperti buku multimedia. Model navigasi linear bekerja dengan baik untuk pelatihan berbasis komputer aplikasi dan ekspositoris skenario lain di mana Anda ingin mengontrol erat pengalaman pemirsa.
Beberapa desainer Web menggunakan gaya linear pintu masuk atau keluar dari situs utama mereka, terhubung ke model navigasi bertingkat. Dengan dynamic HTML, Anda dapat mencapai efek yang bergerak melalui beberapa halaman dalam satu halaman melalui layering.

WEB SCIENCE


1.     Pengertian Web Science
Web science adalah ilmu pengetahuan yang sudah dilakukan penelitian dari Web yang muncul melalui desentralisasi sistem Informasi. Dalam hal ini membutuhkan pemahaman akan Web dan juga fokus pada pengembangan terhadap kebutuhan komunikasi dan representasi. Sangat disadari bahwa World Wide Web atau yang sering disingkat (www) adalah teknologi yang baru berusia beberapa tahun.
2.     Sejarah Perkembangan Web Science
Pada tanggal 4 Oktober 1957, ada sesuatu hal yang akan mengubah dunia terjadi. Negara terbesar dunia yaitu Uni Soviet berhasil meluncurkan satelit pertama di dunia ke orbit bumi yang dinamakan "Sputnik 1". Dengan peluncuran satelit ini membuat seluruh dunia tercengang terutama negara Amerika Serikat yang juga mempunyai program untuk peluncuran satelit ke orbit bumi tetapi belum sempat diluncurkan.
Hal ini secara langsung memicu negara amerika serikat membentuk suatu Departemen Pertahanan ARPA Amerika Serikat (Agensi Projek Penelitian Lanjutan), yang bertujuan untuk meneliti dan mengembangkan ide teknologi lanjutan dan penciptaan Internet.
DARPA adalah suatu lembaga penelitian yang ada di negara Amerika Serikat. Ini adalah lembaga yang melakukan penelitian dan menemukan teknologi Internet. DARPA adalah singkatan dari Defense Advance Research Project Agency. Temuan yang dilakukan oleh DARPA yang siknikan tidak hanya Internet, tetapi juga microelektronik kecepatan tinggi, stealth dan teknologi satelit, pesawat tak berawak, dan material baru.
DARPA didirikan pada tahun 1958 dengan anggaran belanja sebesar $ 500 jt, setelah satelit Sputnik diluncurkan oleh Sovyet. Rencana untuk jaringan komputer (yang akan dinamakan "ARPANET") dipersembahkan pada Oktober 1967 dan sebuah jaringan 4 komputer telah berfungsi pada Desember 1969. Masalah utama dalam pembuatan jaringan adalah bagaimana untuk menghubungkan jaringan fisik yang berbeda tanpa menghabiskan sumber daya untuk hubungan yang terus menerus. Teknik yang memecahkan permasalahan ini dikenal sebagai peralihan paket dan teknik ini meliputi perintah pembagian data menjadi bagian yang lebih kecil, yang dapat diproses lebih cepat tanpa menghalangi komunikasi bagian lain.
Pengembangan jaringan ini ternyata sukses dan ARPANET Tahun 1972, ARPANET di demontrasikan di depan peserta The First International Cenference on Computer Communication dengan menghubungkan 60 node.
Aplikasi internet yang pertama kali di temukan adalah FTP. Kemudian menyusul e-mail, dan telnet. Ukuran ARPANET sendiri semakin lama semakin membesar, protocol komunikasi data yang di gunakan pada waktu itu yaitu, NCP (network Commination Protocol), tidak sanggup menampung node komputer yang besar ini, DARPA kemudian mendanai pembuatan protocol komunikasi yang lebih umum ini dianamakan TCP/IP departemen pertahanan Amerika serikat menyatakan TCP/IP menjadi standart untuk jaringan pada tahun 1982. Protocol ini kemudian di adopsi menjadi standart ARPANET pada tahun 1983.
Pada tahun 1984 jumlah host di internet melebihi 1000 buah. pada tahun 1984 di perkenalkan Domain nama system (DNS) yang mengganti fungsi tabel nama Host. System domain ini lah yang kita gunakan untuk menulis nama host.
Pada tahun 1986, lembaga ilmu pengetahuan nasional Amerika serikat U.S National Science Foundation (NSF) mendanai pembuatan jaringan TCP/IP yang dinamai USFNET. Jaringan ini digunakan untuk menghubungkan lima pusat komputer super dan memungkinkan terhubungnya universitas-universitas di Amerika serikat.
Pada tahun 1987 berdiri UUNET yg saat ini merupakan sala satu provider utama Internet. Tercatat pula pada tahun 1987 jumlah host melewati angka 10.000. di samping itu juga terdapat beberapa negara di eropa yang masuk ke jaringan NSFNET.
Di European Laboratory for Particle Physics ( CERN ), di kota Geneva dekat perbatasan Perancis dan Swiss. CERN merupakan suatu organisasi yang didirikan oleh 18 negara di Eropa. Dibulan Maret 1989, Tim Berners dan peneliti lainnya dari CERN mengusulkan suatu protokol sistem distribusi informasi di Internet yang memungkinkan para anggotanya yang tersebar di seluruh dunia saling membagi informasi dan bahkan untuk menampilkan informasi tersebut dalam bentuk grafik. Web Browser pertama dibuat dengan berbasiskan pada teks. Untuk menyatakan suatu link, dibuat sebarisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Pemakai mengetikkan suatu nomor untuk melakukan navigasi di dalam Web.
Gopher adalah sistem pengambilan informasi yang digunakan pada awal tahun 1990 untuk mengirim menu link ke file-file, sumber daya komputer dan menu lainnya. Menu-menu ini dapat melewati batasan-batasan komputer dan memanfaatkan internet untuk pengumpulan menu dari sistem-sistem lainnya. Sehingga sangat populer dikalangan universitas yang ingin menyediakan informasi dikampus dan perusahaan yang ingin menyentralisasikan penanganan dan penyimpanan dokumen.
Gopher diciptakan di Universitas Minnesota. Pada bulan Januari 1993, mereka mengumumkan bahwa akan ada biaya lisensi untuk pemakaian referensi terapan dari server Gopher. Akibatnya, banyak perusahaan yang mulai mencari alternatif lain.
Dewan Penelitian Nuklir Eropa (CERN) yang di Switzerland memiliki alternatif serupa. Dan waktu itu, Tim Berners-Lee sedang mengerjakan suatu sistem penanganan informasi dimana teks bisa berisi link dan referensi ke karya lain yang memungkinkan pembaca bergerak dari satu dokumen ke dokumen lainnya dengan cepat. Dia juga menciptakan sebuah server untuk mempublikasikan dokumen jenis ini (yang dinamakan hypertext) dan juga program pembaca dokumen yang dinamakan "WorldWideWeb". Program ini pertama kali dirilis pada tahun 1991, tetapi ada dua kejadian yang menyebabkan ledakan popularitas dan akhirnya menggantikan Gopher.
3.     Perbedaan Web berdasarkan Versi
Pada Web 1.0 masih bersifat read-only. Jadi isi dari web tersebut hanya dapat dibaca oleh penggunanya. Tanpa ada interaksi sedikitpun antara penguna dan web tersebut.
Pada Web 2.0 bergerak ke arah read-write. Pada Web 2.0 kegiatan sosial sudah dimulai, dengan semakin popularnya berbagai fasilitas seperti wikipedia, blog, friendster dan sebagainya. Sehingga sudah terjadi interaksi antara web dengan penggunanya. Tetapi kendala utama pada Web 2.0 adalah penangan untuk pertukaran data atau interoperabilitas masih sulit.
Sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin. Web 3.0 mencoba menyempurnakan Web 2.0 dengan memberikan penekanan penelitian pada Semantic Web, Ontology, Web Service, Social Software, Folksonomies dan Peer-to-Peer. Penelitian ini sangat memperhatikan ‘budaya’ sebuah komunitas terhadap kebutuhan akan sebuah data atau informasi.